Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

Tuesday, February 22, 2011

WAKIL BUPATI CILACAP MENYERAHKAN SERTIPIKAT WAKAF PONDOK PESANTREN AL-IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN

Acara Penyerahan sertipikat bertepatan dengan Hari Kliwon yang merupakan Jadwal tetap pengajian rutin di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin. Dalam sambutannya KH. Khasbullah Badawi (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati yang telah berkenan hadir di Pondok Pesantren yang diasuhnya, karena kehadirannya secara tiba-tiba tanpa diagendakan sebelumnya dan ucapan terima kasih disampaikan  pula kepada Kepala Kantor  Pertanahan Kabupaten Cilacap Bapak   H. Bambang Priono, SH. yang telah menerbitkan sertipikat tanah wakaf pondok pesantrennya, karena sebelumnya Yayasan Al-Ihya ‘Ulumadin sejak tahun 1929 belum pernah bersertipikat. Dengan terbitnya Sertipikat atas nama Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin  maka tenah tersebut menjadi tanah milik Allah.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Cilacap yang telah mendukung program-program pertanahan di Kabupaten Cilacap, salah satunya adalah pensertipikatan tanah  pondok-pondok pesantren yang ada di Kabupaten Cilacap.

Pada bagian lain Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap mengatakan bahwa Yayasan Al-Ihya ‘Ulumaddin merupakan Pilot Projct pensertipikatan tanah  milik pesantren. Program kedepan adalah pensertipikatan tanah wakaf milik pesantren yang ada di Kabupaten Cilacap. Arti pentingnya pembuatan sertipikat hak atas tanah wakaf adalah :

  1. Menjamin kepastian hukum atas tanah dimaksud karena bila tanah tersebut belum disahkan oleh Pemerintah apabila terjadi hal hal-hal yang tidak diinginkan akan merepotkan di kemudian hari.
  2. Menertibkan administrasi tanah wakaf dan menertibkan tata hukum dibidang pertanahan sehingga dapat dihindari sengketa wakaf di kemudian hari, karena akhir-akhir ini banyak kita dengar sengketa tanah wakaf antara ahli waris dengan pemilik atau pengurus pesantren.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Cilacap mengatakan bahwa di Kabupaten Cilacap masih banyak tanah  belum disertipikatkan dan berakhir dengan ribut, kisruh dan rebutan tanah, sehingga kedepan pemerintah kabupaten membuat program pensertipikatan tanah. Wakil Bupati Cilacap juga memohon bantuan Kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap untuk membantu proses pensertipikatan tanah Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin kesugihan yang lain dan belum bersertipikat  dengan biaya dari Wakil Bupati Cilacap. Beliau juga mengharapkan Pondok Pesantren Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan ini sebagai contoh/laeder ship bagi pensertipikatan  tanah-tanah wakaf yang lain.


Admin