Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

Wednesday, November 10, 2010

Soal Relokasi Korban Tanah Longsor, Perhutani Tunggu Penyelesaian Administrasi Lahan

KARANGPUCUNG,– Korban bencana tanah longsor di Kecamatan Karangpucung dan Cimanggu yang saat ini masih tinggal di tenda pengungsian tampaknya harus bersabar menunggu kepastian relokasi. Pasalnya rencana tukar guling dengan lahan milik Perhutani masih menunggu penyelesaian administrasi.

Administor Perhutani KPH Banyumas Barat, Sangudi Muhammad mengungkapkan, saat ini Perhutani masih menyiapkan proses administrasi.

“Selain itu, kita juga masih menunggu hasil penilaian tim yang akan diturunkan ke lokasi. Hasilnya nanti akan dilaporkan kepada Menteri Kehutanan,” kata Sangudi, Jum’at.

Menteri Kehutanan, dia menandaskan, yang memiliki kewenangan dalam memutuskan pelepasan lahan untuk relokasi.

“Kalau proses administrasinya selesai dan mendapat persetujuan dari Menteri Kehutanan. Perhutani akan menyiapkan berapapun luas lahan yang diperlukan untuk relokasi,” tandasnya.

Untuk sementara, dia menambahkan, pihaknya hanya bisa membantu memberikan solusi yang terbaik untuk penanganan korban tanah longsor tersebut.

Seperti diketahui berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, dari 406 KK korban bencana tanah longsor di Kecamatan Karangpucung dan Cimanggu, 90 KK diantaranya berada di Dusun Bunter.

SUmber:http://cilacapmedia.com/index.php/rubrik/seputar-cilacap/838-soal-relokasi-korban-tanah-longsor-perhutani-tunggu-penyelesaian-administrasi-lahan
admin